CAUTION

BLOG INI UNTUK INFORMASI CADANGAN PERSONAL, MAAF BUKAN UNTUK UMUM.

Friday, May 18, 2012

Kode Error Printer Canon MP258 (P 03, E 05 dll)

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم




Saking banyaknya tugas yang diemban nih printer dari print biasa, print foto, scan & copy file, jadinya sering juga nih printer Error. Karena Banyak Printer Jenis MP258 yang masuk ke meja servisan ane. ane skarang mau share skalian nyimpen ilmu (biar ngak lupa)


Error kode MP258/287 Ada 2 jenis yaitu (P dan E)
1.   P02 itu Carriage Error, Biasanya printer yang pakai infusan yang sering muncul error P02ini, penyebabnya karena jalan/gerakan cariage unit (dudukan cartridge) terhalang/terganggu selang infus, solusinya ya matikan dulu printernya lalu cek cariage unitnya pasti kesangkut selang (tinggal benerin deh posisi selang infusnya agar tidak tersangkut lagi) nah kalau ga di infus biasanya ada kertas atau benda yang nyangkut di roll kertas, klo bukan kertas biasanya benda asing yang masuk dari atas (tempat masukin kertas) trus bikin macet jalanya roll kertas (tapi ini biasanya P03/P04).atau bisa juga Pita Encodenya kena cipratan tinta.
2.   P03 itu Line Feed Error, karena timing disknya kotor/ rusak, bisa jadi karena kena cipratan tinta atau karena ada kertas yang nyasar ke gear timing disknya. (timing disk itu bentuknya lingkaran adannya disamping printer bahannya sama kaya enconde).
3.   P05 itu ASF Sensor Error, Sensor pendeteksi kertas rusak / Error. ada 3 kemungkinan, kalo ngak Sensornya patah (karena kertas nyankut terus dipaksa ditarik dari atas), klo ngak Motor/dinamonya rusak, klo ngak juga berarti Mainboardnya yang rusak.
4.   P06 itu Internal Temperature Error, Penyebab terjadinya error seperti ini karena temperatur di dalam Printer MP258 berlebih. karena kotor atau karena ada komponen pada mainboard yang terlalu panas. kalau cuma kotor mah tinggal dibersikan sajah. tapi kalo ada komponen pada mainboard yang terlalu panas, matiin dulu ajah printernya cuekin 5-10menit, sembari bersihin tinta yang luber di cartridge trus nyalain dah, kalo masih tetep kaya gitu juga, ganti ajah main boarnya. (kalo di mainboard ngak ada yang panas, kmungkinan komponen yang kepanasan sudah jebol alias mati).
5.   P07 itu Ink Absorber Full, Penyebabnya Memori penuh, kalo seperti ini tinggal di reset sajah. pake Software resetter.
6.   P08 itu Print Head Temperature Rise Error, Temperatur pada Head yang ada di Cartridge terlalu panas, melebihi ambang batas kewajaran panas pada head. Karena kering x headnya, biasanya terjadi pada cartridge warna 811, coba direset dulu ajah biasanya berhasil, 2 x reset ya... yang pertama (printer dalam keadaan mati - tekan dan tahan tombol stop/reset - tekan dan tahan tombol power - lepas tombol stop/reset - tekan 2x tombol stop/reset - lepas tombol power - tunggu sampe display digitalnya menujukan angka 0 - tekan tombol power biar printernya mati) langsung yang kedua (tekan dan tahan tombol stop/reset - tekan dan tahan tombol power - lepas tombol stop/reset - tekan 4x tombol stop/reset - lepas tombol power - tunggu sampe lampu powernya diem dan display digitalnya ngeblank - tekan tombol power biar printernya mati - cabut kabel powernya - cuekin agak 2-3menit - coba nyalain lagi dengan normal). kalo masih belum bisa, coba cabut cartridnya terus headnya dibersihin pake tisu. jika ngak bisa juga coba ganti sama yang baru pasti bisa.
7.   P09 itu EEPROM Error, Mainboardnya rusak.
8.   P10 itu Logic Board / Carriage/ Catridge Error,  kemungkinan besar karena catridge dibiarkan kosong dan terus dibuat ngeprint. ini menyebabkan head panas dan terjadi kerusakan di salah satu komponen berikut Logic Board / Carriage/ Catridge. Harusnya sih P03 dulu yang keluar. karena Headnya kan panas, mungkin karena langsung ada salah satu kompunen di atas tadi yang rusak makanya langsung P10. gitu...
9.   P15 itu USB VBUS Over Current, Karena arus yang mengalir melalui kabel USB terlalu besar. di anjurkan pakai stabilizer yang bagus, tapi karena sudah terlanjur... mulai sekarang beli stabilizernya, terus jika masih bermasalah (P15), coba ganti kabel Data USBnya, kalo ngak bisa juga coba ganti Power Supply CPUnya. jalan terakhir jika kedua percobaan tersebut gagal, ganti ajah mainboard Printer MP258nya.
10. P20 itu Other hardware error, atau Kerusakan Hardware lain. solusinya ganti mainboard.
11. P22 itu Scanner error, Scanner rusak, coba periksa kabel scanernya atau soket scaner yang ada dimainboardnya, kalo keduanya masih nampak bagus, ya langsung ganti scanernya atau mainboardnya.
12. E04 itu karena ngak bener masang catridgenya, coba cabut terus pasang lagi.
13. E05 itu sama kaya E04 Tapi kemungkinan besar salah satu catridgenya yang rusak.
14. E14 & E15 = E05.
15. E13 & E16 itu catridgenya minta di reset, caranya teken ajah tombol stop/reset sekitar 5 detik.
16. SELAMAT MENCOBA dan SEMOGA DAPAT MEMBANTU. (dengan logat batak)

Kalo di printer yang kaga ada display digitalnya (ip2770) biasanya nandain pake kedipan doang, misalnya :

P02 = kedip ganti-gantian 2x lalu diem sebentar trus kaya gitu lagi
P07 = kedip ganti-gantian 7x lalu diem sebentar trus kaya gitu lagi
E05 = kedip lampu orennya doang sebanyak 5x lalu diem sebentar trus kaya gitu lagi
E13 = kedip lampu orennya doang sebanyak 13x lalu diem sebentar trus kaya gitu lagi

 Sumber : kang eko hasan "terima kasih kang berkat semua ilmu yang kudapat dari mu aku bisa buka service sendiri"

No comments:

Post a Comment

kritik dan saran saya terima dengan baik di sini.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...